Pages

Kamis, 10 November 2011

PAGELARAN KELAS XI TAHUN AJARAN 2010-2011

Hey temen-temen……..
Disini Ifah mau mengungkapkan rahasia di balik rahasia dari SMA NEGERI AJIBARANG atas prestasinya yang terus gemilang. Tapi disini kami akan membahas seputar pelaksanaan PAGELARAN SENI BUDAYA yang dilaksanakan pada tanggal 3-4 mei 2011…..
Yayayayaya…… kita mulai aja ya?????? CHECK THE RESULT,,,,,,,,,,,
SMA NEGERI AJIBARANG mempunyai kegiatan besar yang mungkin sudah kalian ketahui yaitu “PAGELARAN SENI BUDAYA” yang pentasnya itu dari siswa-siswi kelas XI tahun ajaran 2010-2011. Waaaahhh pagelaran kemarinh berlangsung meriah banget….
Pagelaran kemarin bener-bener buat warga sekolah tercengang, ternyata bukan hanya prestasi akademik yang kita miliki, tetapi juga seni, baik itu tari, seni suara maupun grafis… emang SMANA pantes kita banggain…
Apalagi kemarin waktu pagelaran, ide-ide  yang di keluarkan anak-anak kelas XI wwaaaaahhhh super dech,,, bagus banget… baik dari segi konsepnya, kostum, iringan music, terlebih penarinya… hmmmm,,,, lemah gemulai banget. Bikin penonton pada gigit jari.. pokoknya luar biasa….
Karena kemarin kita kebagian mengevaluasi pagelaran untuk kelas XI IA 1, XI IA 2 dan XI IS 4, jadi disini kita juga hanya akan menguraikan penggambaran secara khusus seputar 3 kelas itu, dan penggambaran secara global untuk semua kelas.
Yang pertama adalah karya yang disuguhkan oleh kelas IX IA 1 yaitu berupa kenthongan dengan iring-iringan penari yang terlihat anggun, namun energic. Dari mulai alat music yang dimainkan dengan indah, lagu-lagu yang dibawakan juga sungguh luar biasa, dan hampir mendekati suatu sajian yang sempurna.
Dari pola lantai sudah cukup bagus, indah, dan unik. Mungkin polanya cukup sederhana, namun tetap terlihat mengesankan. Sedangkan untuk kostum yang dikenakan serempak, cocok dengan make-up, indah, anggun, dan tidak terkesan berlebihan. sehingga enak dipandang, dan tidak membosankan.
Gerakan bagus, baik pemain alat music maupun penarinya. Mereka terlihat bersemangat, energic dan kompak. Namun, untuk penari mungkin gerakannya perlu ditambah variasi lagi, jangan hanya gerakan itu-itu saja. Akan tetapi jika dilihat secara keseluruhan cukup kompak, dan antara pemain music dengan penarinya gerakannya berbeda, sehingga terlihat variatif.
 Yang kedua yaitu karya yang disuguhkan oleh kelas IX IA 2 yang berupa drama dengan iringan gamelan. Drama tersebut menceritakan tentang KAMANDAKA yang sedang mencari seorang putri untuk dijadikan istri. Pemain yang memerankan tokoh kamandaka sungguh membuat para penonton tertawa terbahak-bahak, karena mirip sekali dengan monyet asli. Dan yang sebagai CIPTARASA terlihat sangat anggun, dan lemah lembut.
Pola lantai tidak begitu kelihatan karena sajiannya berupa drama. Tetapi cukup terlihat rapi. Sedangkan untuk kostum yang dikenakan para pemain gamelan sudah kompak.
Gerakan untuk para penarinya kurang luwes, terlalu kaku, dan terkesan sangat grogi dan kurang percaya diri.
Yang ketiga adalah karya yang disuguhkan oleh kelas IX IS 4 yaitu berupa tari yapong, banyu kali, kuncung dan ebeg yang murni diiringi kaset.
Pola lantai kurang simetris, terlalu bervariasi, sehingga terkesan berlebihan dan tidak memperlihatkan suatu keindahan. Kostum yang dipakai cukup bagus, tidak menggunakan aksesoris yang berlebihan, sederhana tetapi indah dipandang.
Gerakan cukup sederhana tetapi indah, namun kurang bervariasi, kurang greget, dan para penarinya kurang senyum.
Waaaaahhh gimana??? Bagus kan? Ya pasti dunk,,,,

0 komentar:

Posting Komentar